MERUBAH BLOG NOFOLLOW MENJADI DOFOLLOW DI BLOGSPOT



Hai, istilah NoFollow dan DoFollow pasti sudah tidak asing lagi di kalangan para blogger. Namun saya akan tetap menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara blog DoFollow dan blog NoFollow. Kalau pada blog DoFollow link yang kita berikan pada komentar akan dianggap sebagai backlink oleh mesin pencari, khususnya Google. Sedangkan blog NoFollow, linknya tidak dianggap sebagai backlink.


Setiap hal pasti memiliki sisi positif dan sisi negatif. Begitu juga halnya dengan urusan DoFollow dan NoFollow. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya.

NoFollow
(+) Dapat mengurangi komentar yang berbau SPAM di blog anda.
(-) Pengiklan akan berkurang dari blog anda, karena biasanya para pengiklan akan mencari blog yang sifatnya DoFollow. Sehingga akan meningkatkan posisinya di mesin pencari.

DoFollow
(+) Akan semakin banyak pengiklan yang tertarik untuk memajang iklannya di blog anda.
(-) Kemungkinan SPAM-ing akan semakin besar.

Sekarang tergantung mana yang anda pilih untuk blog anda, apakah DoFollow atau NoFollow? Up 2 you lah....

Kalau anda pilihnya NoFollow, maka tidak perlu setting lagi, karena di blogspot sudah menjadi setting awal (default setting), kecuali jika anda mengganti template blog dari pihak ketiga. Tapi jika anda memilih DoFollow, anda harus merubah settingan kode templatenya. Berikut adalah langkah-langkah merubah settingannya. (Gampang kok)

  1. Pertama masuk blogger.com dan login dengan akun anda.
  2. Lalu pilih "Layout".
  3. Klik "Edit HTML".
  4. Klik "Download Full Template". Agar jika terjadi kesalahan pada saat merubahnya, anda dapat dengan mudah mengembalikannya seperti semula.
  5. Setelah itu centang "Expand Widget Templates".
  6. Lalu cari kode berikut href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'.
  7. Silakan hapus kode rel='nofollow' nya dan klik "Save Template".

Beres deh, blog anda akan menjadi dofollow blog sama kayak blog ini. Makanya jangan lupa isi komentarnya di blog DoFollow ini.

Tips: Cara membedakan antara blog NoFollow dan DoFollow. Lihat page source-nya, caranya klik kanan di halaman web, lalu pilih page source. Terus lihat deh pada kode a href-nya, kalau diikuti kode rel='nofollow' berarti blog itu sifatnya nofollow, kalau gak ada berarti DoFollow.

Artikel Terkait

Posting Komentar - Back to Content